Fakta Semut Selama Hidupnya Tidak Pernah Tidur





        Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae, bangsa Hymenoptera. Semut memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies), sebagian besar hidup di kawasan tropika. Sebagian besar semut dikenal sebagai serangga sosial, dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Dimungkinkan pula terdapat kelompok semut penjaga. Satu koloni dapat menguasai daerah yang luas untuk mendukung kehidupan mereka. Koloni semut kadangkala disebut "superorganisme" karena koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.

Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat lima puluh kali dari berat badannya sendiri, dapat dibandingkan dengan gajah yang hanya mampu menopang beban dengan berat dua kali dari berat badannya sendiri. Semut hanya tersaingi oleh kumbang badak yang mampu menopang beban dengan berat 850 kali berat badannya sendiri.
            Asam format disebut juga "asam semut" karena semut menghasilkan asam ini sebagai alat pertahanan diri.
Semut telah menguasai hampir seluruh bagian tanah di Bumi. Hanya di beberapa tempat seperti di Islandia, Greenland, dan Hawaii, mereka tidak menguasai daerah tesebut.Di saat jumlah mereka bertambah, mereka dapat membentuk sekitar 15 - 20% jumlah biomassa hewan-hewan besar.

       Beberapa jenis semut sangat dikenal oleh manusia karena hidup bersama-sama dengan manusia, seperti semut hitam, semut besar, semut merah, semut api, dan semut rangrang.
Rayap terkadang disebut semut putih namun sama sekali berbeda kelompok dari semut .

      Dan Tahukah Anda jika semut itu Ternyata tidak Pernah tidur selama masa hidupnya. Waow,,bagaimana bisa, yap ternyata semut hidup hanya untuk bekerja dan bekerja mencari makan,membangun rumah serta menjaga ratu mereka .

Dalam Islam sebenarnya tidak boleh membunuh seekor semut, kenapa? ini alasannya:

Umat muslim diperintahkan untuk tidak membunuh semut, karena berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah Muhammad bersabda bahwa, "Ada seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi. Nabi tersebut lalu memerintahkan umatnya untuk mendatangi sarang semut kemudian membakarnya. Tetapi kemudian Allah menurunkan wahyu kepadanya, "Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih."

Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Anonymous
admin
28 December 2017 at 21:43 ×

Itu mah tolol aja masa "nabi" dendam ama semut ��

Reply
avatar
Unknown
admin
18 January 2018 at 06:52 ×

Nabi juga manusia yang bisa berbuat salah. Emang Kamu ga pernah bunuh/usir semut dari sarangnya?

Reply
avatar
Unknown
admin
18 November 2018 at 22:21 ×

Nabi juga manusia, jadi bisa salah agar terhindar dari salah maka di turunkan Wahyu, orang yg rerakal bisa memahami

Reply
avatar
Thanks for your comment