Turunkan Berat Badan Sekarang Juga Kalau Tak Mau Kena Batu Ginjal

Turunkan Berat Badan Sekarang Juga Kalau Tak Mau Kena Batu Ginjal

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Senin, 15/07/2013 07:35 WIB




Maryland, Obesitas identik dengan risiko gangguan kesehatan lainnya, tak peduli apakah yang mengalaminya itu pria maupun wanita. Baru-baru ini sebuah studi baru pun menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan berisiko lebih tinggi terkena batu ginjal.

Tim peneliti dari Rigshospitalet, Copenhagen University Hospital, Denmark ini pun menemukan bahwa penyakit batu ginjal lebih cenderung menyerang wanita paruh baya yang mengalami kelebihan berat badan dan tidak aktif bergerak. Demikian dilansir Huffingtonpost, Senin (15/7/2013).

Kesimpulan ini didasarkan pada data pengamatan terhadap 77.679 partisipan. Untuk keperluan studi ini, peneliti menggunakan pendekatan acak Mendelian atau 'metode yang menggunakan variasi genetik untuk mempelajari dampak faktor risiko yang dapat dimodifikasi sebagai penyebab suatu penyakit', dalam rangka melihat bagaimana faktor gaya hidup dapat mempengaruhi risiko batu ginjal seseorang.

Setelah kesemua partisipan tersebut diamati selama 34 tahun, peneliti menemukan bahwa 4.106 diantaranya mengidap batu ginjal yang menunjukkan gejala-gejala tertentu. (Menurut laporan dari University of Maryland Medical Center, batu ginjal biasanya tidak menyebabkan munculnya gejala tertentu, tapi jika hal itu terjadi, gejalanya antara lain nyeri, peradangan, begitu pula dengan komplikasi seperti infeksi.)

Sebelumnya studi lain dari University of Maryland Medical Center pernah mengungkapkan bahwa wanita memang lebih sering dilaporkan mengidap batu ginjal ketimbang pria. Satu dari empat wanita diprediksi terkena batu ginjal ketika mencapai usia 60 dan lebih dari separuh wanita akan mengalami penyakit ini saat usianya menginjak 75 tahun. Padahal hanya satu dari lima pria yang digadang mengidap batu ginjal ketika usianya 75 tahun.

Tapi dalam studi asal Denmark ini peneliti menemukan bukan hanya wanita yang lebih berisiko terkena batu ginjal dibandingkan pria. tapi ada juga kaitan yang signifikan antara berat badan dengan risiko batu ginjal. Peneliti pun menyimpulkan untuk setiap kenaikan BMI (indeks massa tubuh) sebanya 1 kilogram per meter persegi maka risiko penyakit batu ginjalnya tujuh persen lebih tinggi.

Beruntung hal ini dapat dicegah dengan tidak melewatkan waktu makan dan mempertahankan berat badan yang sehat. Hal ini karena penurunan berat badan secara dramatis pun bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Hepatology.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment